Monday 28 September 2015

Pelepasan Penyu Sisik dan Penyu Belimbing Bersama Komunitas Pencinta Lingkungan dan Masyarakat

22 April 2015 silam, saya yang tergabung dalam Komunitas Sobat Bumi Aceh bersama berbagai instansi dan komunitas peduli lingkungan serta warga Kota Banda Aceh melakukan aksi pelepasan tukik penyu jenis belimbing sebanyak 47 ekor dan tukik penyu jenis lekang sebanyak 42 ekor. Pelepasan tukik penyu lekang ini kami lakukan sore hari di Pantai Babah Dua Lhoknga, Aceh Besar pada tanggal 22 April 2015 yang bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia.
Lebih dari 100 sukarelawan remaja dari berbagai komunitas di Aceh juga turut menggalang donasi untuk membantu Tim Penyu Lampuuk, selaku penanggung jawab yang selama 3 tahun terakhir yang secara mandiri menyelamatkan telur-telur penyu dari para pemburu, menetaskannya dan melepasnya ke lau. Hingga saat ini, total penyu yang telah diselamatkan pada musim ini adalah sebanyak lebih dari 85 tukik penyu jenis belimbing dan 183 tukik penyu jenis lekang.
Kami dari Komunitas Sobat Bumi Aceh, merupakan salah satu komunitas yang fokus terhadap lingkungan hidup seperti penghijauan, pembersihan pantai, iklim, penyelamatan penyu, dan pohon bakau.
Selain itu Sobat Bumi Aceh juga berencana akan menjadi relawan tetap pada musim selanjutnya dan akan menggalang dana dari seluruh cabang Sobat Bumi yang ada di Indonesia sebagai donatur untuk menjaga kelangsungan hidup penyu yang semakin langka, karena biaya yang dibutuhkan oleh sebuah penangkaran untuk melestarikan kelangsungan hidup penyu cukup mahal dan bisa mencapai lebih dari 20 juta rupiah untuk setiap musimnya.

Saya bersama anggota Komunitas Sobat Bumi Aceh

Ada 89 ekor tukik yang dilepaskan kali ini

Mau foto-foto? Boleh, asal jangan pakai flash ya biar mata tukik nya tidak terancam buta ;)

Hati-hati jangan terlalu sering memegang tukik agar tukik tidak stres :)

Ayo ambil tukik nya perlahan untuk segera dilepas ke laut

Ada yang senang, adajuga yang geli-geli untuk memegang tukiknya :D

Bahkan turis asing pun ikut meramaikan kegiatan ini

Ayo berenang!



!






Semoga kedepan kita bisa melaksanakan kegiatan serupa lagi dengan bergerak bersama para masyarakat dan anak-anak agar kita bisa tahu bahwa para tukik ini butuh perhatian lebih dari kita untuk kelangsungan hidup mereka.

0 comments:

Post a Comment

Pages

 
Free Web Hosting | Top Web Host